Telusuri

Berkembangnya Inovasi Digital



Pertama, kecepatan akses dan kesempatan lebih besar bagi konsumen. Konsumen saat ini bisa mengakses berbagai layanan jasa dalam satu platform sperti layanan di jasa social media marketing. Aplikasi membantu konsumen memilih layanan hanya dengan satu klik saja.Selain dengan media iklan yang sudah biasa saat ini ada digital adevertising Indonesia. Contohnya seperti Go-Jek, konsumen bisa memesan ojek untuk jasa transportasi, pengiriman barang, memesan makanan, bahkan mengirim uang. Kedua, cara baru melakukan business intelligence. 

Melalui teknologi digital, memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan sumber informasi baru mengenai konsumen yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Pelaku bisnis juga bisa mendapatkan data mengenai kebiasaan yang dilakukan konsumen terhadap produknya sehingga bisa melakukan peningkatan kualitas layanan. Ketiga, infrastruktur digital, bukan lagi berupa fisik. Teknologi digital saat ini memungkinkan perusahaan untuk lebih berhemat. Mereka tak perlu lagi menyiapkan infrastruktur fisik seperti membuka cabang gerai, namun cukup membuka tokonya secara online.


Inovasi Digital dan Menjamurnya Startup

Meningkatnya perkembangan internet memunculkan berbagai macam lini bisnis seperti perdagangan online (e-commerce), menjamurnya bisnis rintisan berbasis teknologi (startup) dan layanan keuangan digital atau financial technology (fintech).Di Indonesia perkembangan digital sudah sangat pesat saat ini pun sudah banyak digital agency terbaik yang ada di Indonesia. Saat ini, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.000 atau tertinggi di Asia Tenggara. Menurut riset CHGR jumlah ini akan mencapai 6,5 kali lipat atau 13. 

Besarnya potensi startup ini juga didorong meningkatnya jumlah investor yang melihat Indonesia sebagai pasar digital. Beberapa e-commerce besar muncul yaitu Tokopedia, Bukalapak, Go-Jek, dan Doku atau jasa social media marketing lainnya. Startup fintech juga bermunculan untuk menyediakan layanan pemberian kredit seperti yang dilakukan perbankan ataupun platform untuk membeli produk keuangan.Selain dengan media iklan yang sudah biasa saat ini ada digital adevertising Indonesia. Beberapa fintech yaitu Modalku, Investree, Pendanaan, Bareksa. 

Posting Komentar

0 Komentar